Sabtu, 17 September 2011

Animasi Frame by Frame

Animasi adalah suatu tampilan obyek yang bergerak. Manusia misalnya, memerlukan ruang dan waktu untuk melakukan gerakan. Begitu pun animasi. Ruang yang dibutuhkan animasi ialah stage, sedangkan waktu yang diperlukan animasi terletak pada timeline.

Animasi Frame by Frame

Animasi frame by frame merupakan pengetahuan dasar tentang animasi, bahwa animasi memerlukan ruang dan waktu.

  1. Buatlah sebuah tampilan seperti pada contoh gambar.
Gambar 1.1 Membuat lingkaran
2. Klik sekali pada frame 2.
3. Tekan tombol F6 pada keyboard untuk memberikan keyframe.
4. Geser gambar tersebut sedikit ke bawah.
5. Klik sekali pada frame 3.
6. Tekan tombol F6 pada keyboard untuk memberikan keyframe.
7. Geser gambar tersebut sedikit kebawah.
8. Langkah 5 sampai 7 adalah perulangan dari langkah 2 sampai langkah 4. Lakukan langkah 2 sampai 4 hingga pada frame 9.
Gambar 1.2

9. Menyisipkan keyframe pada frame 1 sampai framePada saat mencapai frame 10, buat lebih kecil lingkaran menggunakan free transform tool, hingga seperti gambar berikut:

Gambar 1.3
10. Gambar diperkecil seperti semula. Bila tadi pada frame 1 sampai 9 kita menurunkan gambar, pada frame 10 sampai 18 kita akan menaikkan objek.
Gambar 1.4

11. Tampilan animasi frame by frame saat frame di onion.
12. Jika sudah, tekan tombol Ctrl + Enter untuk melihat hasilnya.
13. Pada gambar 1.4 tampak onion antara frame 1 sampai frame 18, onion untuk menampilkan rangkaian gerakan animasi.

Dengan demikian tampak bahwa animasi membutuhkan ruang dan waktu untuk bergerak atau berjalan. Secara standar, kecepatan frame 12 fps (frame per second), sehingga waktu yang dibutuhkan untuk bergerak selama 1 detik adalah 12 frame. Jika kita ingin membuat animasi yang berdurasi 3 menit atau 180 detik, frame yang dibutuhkan adalah 180 x 12 frame yaitu 2160 frame. Selanjutnya akan diterangkan langkah yang lebih cepat dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar